Berburu oleh - oleh khas kota udang cirebon

Indonesia kaya dengan beragam masakan kuliner khas daerah ataupun oleh -oleh yang bisa kita dapatkan,Nah jika kita berwisata ke berbagai daerah mungkin rasanya tak lengkap jika tidak memburu berbagai kuliner atau buah tangan khas dari daerah tersebut. Hal ini dikarenakan berbagai daerah memilliki ciri khas tersendiri baik dari produk sandang maupun produk pangan. Nah bagi anda yang hobby berwisata ke berbagai daerah mungkin tidak ada salahnya jika mencoba mengunjungi daerah Cirebon yang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan unik. Tak hanya itu untuk urusan oleh-oleh pun wisatawan tak akan kecewa pasalnya ada sejumlah oleh-oleh khas yang paling cocok untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Mau tau oleh-oleh khas Cirebon yang banyak diburu oleh wisatawan ? Apa aja sih mari kita yuks kita intip.
1. Kerupuk Melarat
kerupuk melarat khas Cirebon
Untuk oleh-oleh yang satu ini mungkin rasanya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang sering berkunjung ke daerah Cirebon. Kerupuk melarat yang hanya dapat dijumpai bagi wisatawan yang sering berkunjung ke Cirebon memiliki proses pembuatan yang sangat berbeda dengan berbagai kerupuk lainnya. Menurut sejarah dari warga asli Cirebon bahwa penamaan kerupuk melarat ini dikarenakan dari proses yang sangat merakyat yaitu dengan menggunakan pasir yang telah diayak atau telah disangrai. Pasir tersebut pun digunakan sebagai bahan pengganti minyak dalam proses penggorengan kerupuk. Hal ini terjadi karena pada jaman penjajahan banyak masayrakat Cirebon yang tak mampu untuk membeli minyak goreng, sehingga masyarakat Cirebon pun berinisiatif untuk mencoba menggantikan minyak dengan pasir yang bahannya sangat mudah ditemukan. Tak hanya itu juga keunikan dari kerupuk melarat ini terletak pada warna kerupuk yang memiliki ciri khas tersendiri untuk kerupuk biasanya diberi warna alami yaitu putih sementara kerupuk melarat ini diberi tiga warna khas yaitu putih, kuning dan merah jambu. Kerupuk melarat ini juga sangat lezat apabila disandingkan dengan sambal khas Cirebon yaitu sambal terasi.


2. Terasi
terasi udang (rebon) khas Cirebon
Berbicara Cirebon tanpa membahas oleh-oleh yang satu ini rasanya tidak akan lengkap. Hal ini dikarenakan Cirebon merupakan daerah yang sangat terkenal dengan produk udangnnya. Bahkan dalam slogonnya pun Cirebon dikenal sebagai julukan Kota Udang. Salah satu produk udang yang sangat populer yaitu Terasi. Terasi yang merupakan salah satu bumbu rahasia untuk menambah kelezatan masakan inipun rupanya tak hanya diburu oleh wisatawan lokal saja yang berkunjung ke daerah Cirebon melainkan para wisatawan asing pun tidak ketinggalan untuk berburu oleh-oleh khas Cirebon ini. Untuk oleh-oleh ini pun harga yang ditawarkan satu bungkusnya berkisar antara Rp. 5000 hingga Rp. 15.000 rupiah.


3. Sirup Tjampolay
sirup tjampolay khas Cirebon
Sirup Tjampolay merupakan salah satu produk minuman yang berasal dari daerah Cirebon. Awal mula minuman khas Cirebon ini diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu dan memiliki tiga varian rasa yang sangat khas diantaranya rasa rozen rose, asam jeruk dan nanas. Namun seiring berkembangnya jaman minuman khas Cirebon inipun rupanya memiliki inovasi rasa baru agar dapat eksis dikalangan masyarakat, sejumlah varian rasa seperti pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Sirup tjampolay juga dikemas dengan botol kaca berukuran 630 ml dan terbuat dari bahan-bahan alami yang menggunakan gula murni sera sejumlah bumbu rahasia alami lainnya yang membuat cita rasa sirup tjampolay ini tetap terjaga hingga saat in.


4. Ikan Asin
ikan asin khas Cirebon
Cirebon yang merupakan Kota kecil yang berada tepat dipinggir laut Jawa ini memiliki kekayaan tersendiri dalam hasil lautnya. Tak hanya udang yang banyak diproduksi di daerah Cirebon melainkan sejumlah ikan laut segar pun banyak dijumpai di daerah ini. Banyaknya hasil tangkapan laut yang didapat oleh para nelayan Cirebon pun membuat sejumlah masyarakat memanfaatkan hasil tangkapan laut tersebut yaitu dengan menggunakan cara pengasinan yang direndam dengan menggunakan garam serta didiamkan selama beberapa hari diatas sinar matahari. Proses tersebut pun yang akhirnya dijadikan masyarakat Cirebon sebagai pemberian nama pada produk ikan tersebut sehingga mereka pun menyebut hasil proses pengasinan menjadi nama sebuah produk yaitu “ Ikan Asin “ . biasanya ikan yang dijadikan proses pengasinan ini menggunakan ikan berjenis ikan jambal.


5. Kerupuk Kulit
kerupuk kulit Cirebon
Kerupuk merupakan salah satu pangan ringan yang banyak digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. Kerupuk juga banyak dibuat berbagai macam bentuk dan cita rasa agar dapat diminati. Berbagai daerah pun rupanya banyak ciri khas tersendiri dalam mengolah pangan ringan ini. Salah satu olahan kerupuk yang khas didaerah Cirebon ini selain kerupuk melarat yaitu kerupuk kulit. Berbeda dengan kerupuk kulit lainnya, untuk kerupuk kulit khas Cirebon ini terbuat dari bahan dasar berupa kulit kerbau yang kemudian diolah dengan berbagai proses dan pembumbuan yang dapat menambah cita rasa dari olahan kerupuk tersebut. Untuk harga perbungkus kerupuk kulit pun dijual relatif sangat murah dengan kisaran harga Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 rupiah.


Nah itu dia beberapa oleh- oleh khas kota kota udang cirebon,kalo kebetulan anda lagi ada di cirebon jangan lupa ya untuk membeli oleh -oleh khas cirebon tentunya dengan harga yang relatip murah dan terjangkau.

0 Response to "Berburu oleh - oleh khas kota udang cirebon"

Post a Comment